Film Fitna Menghina Umat Islam

Film kontroversional Fitna sudah dirilis di Den Haag, Belanda, Jumat (28/3). Namun, film yang dinilai sangat provokatif ini hanya bisa dilihat melalui website. Tidak satu pun stasiun televisi lokal menyiarkan film itu.

Film berdurasi 15 menit yang berlatar belakang gambar-gambar peristiwa WTC 11 September dan bom Madrid, Spanyol ini dibuat oleh Geert Wilders, seorang politisi berhaluan Ultrakonservatif. Namun, Wilders menolak tuduhan filmnya ini sebagai provokasi. Ia berdalih film Fitna adalah peringatan karena Islam dan Al-Quran berpotensi mengancam kebebasan warga Belanda dan Eropa. Selain itu ia juga mendesak Eropa untuk menaklukkan Islam.

Pemutaran film tersebut kontan menuai kecaman dari masyarakat muslim Belanda. Mereka menggelar demonstrasi di luar gedung parlemen di Den Haag. Mereka menyebut Wilders pembohong dan zionis.

Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende menyesalkan penyebaran film tersebut. Pemerintah Belanda juga menyatakan Wilders tidak mewakili negara dan rakyat Belanda. Penayangan Fitna mendahului sidang gugatan sela di Pengadilan Rotterdam yang diajukan oleh organisasi muslim di Belanda yang digelar kemarin.(IAN)